Posted by : Unknown Selasa, 17 Desember 2013

Review Football Manager Handheld 2014 – Game Simulasi Sepakbola Terbaik Untuk Smartphone Kamu

Review Football Manager Handheld 2014 – Game Simulasi Sepakbola Terbaik Untuk Smartphone Kamu
| 19/11/2013
Tepat 2 minggu setelah mengeluarkan Football Manager 2014 versi PC, SEGA beserta Sport Interactive merilis Football Manager Handheld (FMH) versi 2014 di platform iOS dan juga Android. Ada beberapa fitur terbaru yang ditawarkan SEGA dalam FMH 2014 ini. Fitur tersebut tentu saja menambah keseruan kamu dalam mengatur sebuah tim sepak bola. Bagi kamu yang menyukai sepak bola, jangan pernah lewatkan membaca review ini, ya. :D

Gameplay

Football Manager Handheld | Screenshot 5
Konsep dasar dari FMH tidak berbeda dengan FM versi PC, di sini kamu akan berperan sebagai seorang manajer yang bertugas membawa tim asuhan kamu meraih kesuksesan. Bukan saja sukses dalam hal gelar, tapi juga dalam hal finansial, hubungan dengan pemain, fans dan juga media. Persis seperti kehidupan manajer sepak bola di dunia nyata.
Untuk meraih kesuksesan dalam hal meraih gelar, banyak hal-hal yang harus kamu perhatikan, salah satunya tentu saja taktik tim kamu. Di FMH 14, kamu bisa melakukan inovasi dalam menerapkan strategi kamu. Di sini kamu bisa memasang strategi tiki taka (yang sekarang lagi nge-trend) atau juga strategi “parkir bis” ke dalam tim yang kamu asuh. Tapi sayang, saya tidak bisa memberikan instruksi langsung kepada pemain seperti pada versi PC-nya. Padahal saya merasa instruksi langsung kepada pemain adalah hal yang sangat mendukung taktik yang kita implementasikan ke dalam tim.
Football Manager Handheld 2014 | Screenshot 1
Di Football Manager, kamu tidak boleh melupakan pemain muda berbakat. Jika kamu adalah tipe seorang manajer yang pelit mengeluarkan uang, memanfaatkan pemain muda adalah salah satu cara kunci meraih kesuksesan. Di FMH, memanfaatkan fitur training terhadap pemain muda bisa menjadi salah satu cara mengeluarkan bakat si pemain. Kamu bisa memberikan fokus apa yang harus dilakukan si pemain dalam training.
Contoh: Jika kamu memiliki penyerang berbakat, kamu bisa meningkatkan latihan dalam menyerang untuk si pemain, sedangkan latihan bertahan bisa kamu turunkan. Begitu juga untuk pemain yang lemah dalam fisik, dll. Hati-hati dalam menentukan porsi latihan si pemain, bisa saja akibat kebanyakan latihan pemain kamu malah menderita cedera.
Sisi transfer pemain adalah salah satu yang ditingkatkan dalam game ini. Kamu tidak akan menemukan transfer “gila-gilaan” seperti edisi sebelumnya. Di FMH 14, SEGA juga memberikan klausul-klausul terbaru seperti yang ada di kontrak pemain asli. Contohnya ada klausul yang menyatakan si pemain akan ikut keluar jika manajer memutuskan untuk pergi (atau dipecat). Tentu saja klausul itu harus kamu aktifkan dulu saat memperpanjang kontrak si pemain.
Football Manager Handheld | Screenshot 2
Fitur terbaru lainnya yang sangat bermanfaat pada FMH 14 adalah feedback yang diberikan seusai kita menjalani pertandingan. Kamu bisa mengetahui apa yang tidak berjalan dalam strategi yang kamu terapkan. Seperti striker tidak bisa menahan bola atau tidak ada support dari pemain tengah. Tidak hanya itu saja, di FMH 14 terdapat fitur tracking ke pemain kita. Ini juga sangat mendukung kamu sebagai manajer dalam memperhatikan perkembangan pemain, terutama wonderkid yang kamu miliki.
Salah satu yang mungkin akan membuat gamer pecinta FM tertarik dengan FMH14 adalah tambahan mode permainan berupa membuat tim baru. Maksudnya? Jadi begini, kamu di sini bisa membuat satu tim penuh dengan pemain buatan kamu. Kamu bisa memberikan nama bebas kepada setiap pemain yang ada. Tidak hanya kamu, juga bisa menentukan dimana liga tempat pemain tersebut ingin bermain. Ini adalah fitur yang terbilang sangat menarik dan juga cukup fresh.
Football Manager Handheld | Screenshot 3
Selain mode karir, kamu juga bisa bermain dalam mode challenge. Di mode yang kedua ini, kamu tidak bisa memilih tim mana yang ingin kamu latih. Kamu akan secara acak diberikan tim yang sedang mengalami kesulitan. Tugas kamu tentu saja mengangkat tim yang sedang terpuruk itu secepat mungkin. Tujuan utama dari mode ini adalah untuk membuktikan kamu adalah seorang pelatih yang handal.
Ada kekurangan yang saya alami di FMH 14, yaitu tidak adanya konferensi pers sebelum atau sesudah pertandingan. Padahal dalam rilisnya, SEGA beserta SI mengatakan adanya peningkatan dalam interaksi dengan media. Sepertinya masalah ini hanya terdapat dalam gadget Android saja. Teman saya yang menggunakan S3 dan juga Asus Nexus juga tidak memiliki menu pers conference. Sedangkan di iOS sejauh ini aman-aman saja. Semoga SEGA memperbaikinya di update-an selanjutnya.

Presentation

Untuk sisi grafis, FMH 14 sendiri masih menggunakan 2D dalam menggambarkan tim yang sedang bermain. Ini mengingatkan saya pada game FM versi 2006 (sebelumnya CM) yang sama menggunakan grafis 2D. Satu lagi yang saya rasa perlu diperbaiki adalah match engine yang digunakan. Terkadang saya mendapatkan pemain saya yang sudah berhadapan dengan kiper lawan, tiba-tiba ia mengoper bola ke rekan dibelakangnya. Hal ini tidak akan pernah terjadi dalam dunia nyata.
Football Manager Handheld | Screenshot 4
Kekurangan kedua yang saya alami di game ini adalah sisi soundnya. Jika kamu suka sama sepakbola, rasanya ada yang kurang ketika tidak ada suporter yang bersorak ketika tim kita mencetak gol. Entah mengapa saya belum mengerti SEGA dan SI tidak memberikan sound saat kita sedang bertanding.

Pricing dan IAP

Football Manager Handheld 2014 tersedia di App Store seharga Rp 95.000 dan juga di Google Play dengan harga yaitu $10. Dengan harga yang relatif mahal itu, bukan berarti game ini bebas dari yang namanya IAP. SEGA menyediakan fitur IAP berupa mendapatkan petinggi klub yang sugar daddy (duitnya gak bakal habis), tidak bisa dipecat selama 10 tahun atau juga bisa melatih Tim Nasional.
Namun IAP di sini hanyalah bersifat opsional dan saya rasa kamu tidak memerlukannya karena dengan adanya IAP keseimbangan game dan tantangan untuk memainkannya juga akan berkurang.
Football Manager Handheld | Screenshot 7
Saya sendiri tidak suka dengan fitur tidak bisa dipecat tersebut. Untuk kamu ketahui, salah satu tantangan dalam game ini adalah membawa tim kamu sesukses mungkin agar tidak dipecat oleh petinggi klub. Jika kamu tidak bisa dipecat, lalu dimana letak keseruan game ini?

Verdict

Saya merasa, Football Manager Handheld diciptakan bagi kamu yang suka mengatur tim sepakbola tapi tidak terlalu mau dipusingkan dengan detail-detail yang ada seperti pada versi PC. Buktinya, selama 2-3 jam saja saya sudah bisa menyelesaikan separuh musim lebih. Sedangkan di versi PC saya baru bisa menyelesaikan 1 musim selama lebih dari 9 jam.
Terlepas tidak adanya sound dan juga konferensi pers, saya tetap merasa game ini adalah salah satu game simulasi sepakbola terbaik. Apalagi beberapa fitur terbaru yang diberikan cukup bermanfaat dan fresh. Bagi kamu yang senang dengan sepak bola, jangan ragu buat download game ini!
App Store Link: Football Manager Handheld 2014, Rp 95.000
Google Play Link: Football Manager Handheld 2014, $9.99

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

ChatBox

Popular Post

Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © Gaming Zone Center -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -