Posted by : Unknown Selasa, 17 Desember 2013

Review Ragnarok Valkyrie – Pecinta Ragnarok Wajib Main!

Review Ragnarok Valkyrie – Pecinta Ragnarok Wajib Main!
| 22/11/2013
Setelah menunggu cukup lama akhirnya kamu bisa melihat poring si monster imut khas Ragnarok Online (RO) di iOS dan Android melalui game Ragnarok Valkyrie. Game yang diadaptasi dari game MMORPG yang cukup legendaris baik di internasional maupun Indonesia tersebut kini merambah ke pasar mobile. Sekilas dari screenshotnya, Ragnarok Valkyrie sangat mirip dengan RO original dan saya pastikan setiap pecinta RO pasti penasaran dengan Ragnarok Valkyrie. Pertanyaannya sekarang adalah apakah versi mobile ini benar-benar sama persis alias jiplak versi pendahulunya? Dan apakah kualitasnya di perangkat mobile bisa menyaingi kualitas pendahulunya di PC?

Gameplay

Kamu akan menjadi seorang pejuang di dunia Rune Midgard yang bertugas mengusir kekuatan jahat yang kembali menghantui di dunia tersebut. Namun karena game ini berbasis MMORPG Korea, cerita bukanlah hal yang penting sehingga inti permainan di sini adalah menaikkan level kamu setinggi-tingginya sambil bersosialisasi dengan player lain. Kamu bisa memilih 3 job yaitu swordman, mage, atau acolyte.
Pilihan job yang ada sebenarnya kurang membangkitkan nostalgia kamu kepada Ragnarok originalnya karena versi originalnya memiliki 13 job dasar. Begitu pula yang terdapat pada elemen status tiap karakter, tidak terdapat status Dex dan Luck di sini. Selain itu, kamu akan langsung menjadi job yang kamu pilih tanpa melalui peran sebagai novice terlebih dahulu.
Review Ragnarok Valkyrie | Screenshot 3
Kontrol adalah hal yang tidak perlu kamu pusingkan karena setelah kamu memilih job, kamu akan dijelaskan bagaimana mengendalikan karakter. Pengendalian karakter di sini sudah sangat disesuaikan dengan gaya mobile. Kamu bisa menggerakkan karakter dengan virtual d-pad atau tap pada posisi tujuan kamu, dua-duanya bisa kamu lakukan secara bersamaan. Begitu pun untuk melakukan serangan ke monster, yang perlu kamu lakukan cukup tap tombol targeting kemudian tap tombol attack atau cukup tap pada monster yang ingin kamu serang. Penggunaan skill, potion, atau pun item lainnya bisa kamu atur melalui quick slot yang disediakan di bagian kanan layar.
Yang sangat memuaskan dan memanjakan adalah terdapat fitur auto route pada mini map yang memungkinkan kamu berjalan dari ujung map ke ujung lainnya dengan satu kali tap saja, sangat berguna bagi kamu untuk melakukan perjalanan jauh. Pengalaman pribadi saya setelah utak-atik sana sini, kontrol gamenya sangat memuaskan dan sangat cocok dimainkan di gadget mobile.
Ngomong-ngomong soal map, map di Ragnarok Valkyrie tidak sama persis dengan map game pendahulunya namun tipe-tipe, ukuran, dan namanya sangat identik. Kamu akan menjumpai pohon-pohon, gedung-gedung, dan jenis field yang relatif sama dengan versi pendahulunya. Kota awal setiap job selalu sama yaitu di kota Lan Forta. Seiring jauhnya kamu bermain, kamu akan mengunjungi kota-kota baru yang sangat bergaya RO. Namun, kamu tidak akan menemukan kota-kota di RO original seperti Prontera, Payon, atau Morroc dikarenakan storyline yang ada di game ini memang tidak menyertakan kota-kota tersebut.
Review Ragnarok Valkyrie | Screenshot 1
Sistem leveling di Ragnarok Valkyrie berbeda dengan RO originalnya. Kalau diversi originalnya leveling lebih ditekankan dengan sistem grinding, di Ragnarok Valkyrie leveling ditekankan dengan cara menyelesaikan quest. Quest di game ini bisa kamu dapatkan baik di kota, field, dan di dungeon. Jumlah quest yang bisa kamu selesaikan sangat banyak, di setiap level kamu pasti menemukan 3-4 quest yang bisa kamu selesaikan.
Sayangnya, setiap quest yang saya temui sangat monoton karena hanya berkisar membunuh monster, mengumpulkan barang, dan berbicara kepada NPC. Untungnya monster-monster yang ada sangat membangkitkan nostalgia tentang RO original, di mana kamu bisa menemukan monster dari yang hanya sekelas poring hingga monster sekaliber Dark Lord. Leveling dapat menaikkan dua jenis level yaitu level karakter dan level job. Kenaikan level karakter akan memberikan kamu poin untuk menaikkan status sedangkan kenaikan level job memberikan kamu poin untuk menaikkan skill.
Elemen-elemen khas RO lainnya tak lupa pula disertakan, kamu bisa membeli equipment lengkap dari kepala sampai kaki hingga aksesoris, kamu bisa melakukan upgrade equipment dengan phracon hingga elunium, berubah ke job 2 pada job level 35, menggunakan peco-peco sebagai mount, PvP ala RO, bahkan tak ketinggalan setiap equipment memiliki slot yang dapat diberi kartu yang dapat menambah atribut karakter.
Review Ragnarok Valkyrie | Screenshot 2
Cara menaikkan status karakter pun sama persis seperti di RO original, semakin tinggi status maka poin yang dibutuhkan untuk menaikkan status akan semakin tinggi pula. Skill-skill yang terdapat di game ini sangat mirip dengan RO original dari nama, damage, hingga efek animasinya.
Fitur yang masih dinantikan adalah War of Emperium (WoE). Bagi yang belum tahu, WoE adalah perang antar guild untuk memperebutkan kastil di suatu wilayah. Guild yang mendapatkan kastil akan menaikkan harga diri guild dan memperoleh item-item menarik dari dungeon kastilnya. Bahkan salah satu alasan mengapa RO Original di Indonesia bisa bertahan hingga kini sejak 10 tahun yang lalu menurut saya adalah saking serunya fitur WoE tersebut.

Presentation

Review Ragnarok Valkyrie | Screenshot 4
Grafis di Ragnarok Valkyrie sangat-sangat mirip dengan yang ada pada RO original. Meski begitu, detilnya kurang bagus karena setiap objek tampak lebih kotak-kotak, kasar, dan jaggies. Jujur saja hal ini cukup mengecewakan bagi saya karena smartphone zaman sekarang sudah mempunyai hardware yang kencang-kencang, namun sang developer tidak memanfaatkannya. Begitu pula animasi gerakan karakter dan pergeseran map, kedua hal tersebut terasa tidak sehalus versi originalnya namun masih dapat ditolerir karena saya masih dapat menikmatinya.
Sound effect dan BGM yang digunakan sama persis dengan versi originalnya. Kesamaan tersebut tentu dapat membangkitkan memori-memori kamu ketika dulu pertama kali bermain RO dan seperti yang kita tahu bahwa kualitas sound di RO digarap dengan sangat baik.

Pricing & IAP

Kamu bisa mengunduh Ragnarok Valkyrie secara gratis baik di App Store maupun di Google Play. IAP yang tersedia sangat banyak sekali jumlahnya seperti game MMORPG PC yang lain. Antara lain berupa tas penambah inventory, alat tempa, pet, buku double exp, random gift box, equip fashion, dll. Harga item-item IAP yang penting seperti tas inventory dan alat tempa dijual dengan harga yang menurut saya pas. Rinciannya adalah untuk tas inventory paling besar dihargai $1.99. Kemudian material tempa condensed elunium sebanyak 5 buah dihargai $1.49.

Verdict

Memang Ragnarok Valkyrie tidak sama persis dengan RO original, namun memang hal tersebutlah yang diperlukan dalam membawa game PC ke mobile karena keduanya memiliki feel dan sentuhan yang berbeda. Secara kualitas di dunia mobile, Ragnarok Valkyrie bisa dikatakan memuaskan karena elemen RO dan elemen mobile mampu dicampur dengan baik. Verdict review saya kali ini mengatakan bahwa sang developer patut mendapat apresiasi berupa acungan jempol karena menjadikan Ragnarok Valkyrie sangat pas untuk dimainkan buat kamu pecinta RO dan mobile gaming. Masih ada beberapa fitur yang belum diimplementasikan yang mana menjadikan Ragnarok Valkyrie ini belum lengkap, itulah tantangan berikutnya bagi sang developer tetapi melihat apa yang sudah mereka lakukan sejauh ini menurut saya mereka tidak akan mengecewakan para pecinta RO dan mobile gaming. Akhir kata, pecinta Ragnarok wajib memainkan game satu ini!
App Store Link: Ragnarok Valkyrie, Gratis
Google Play Link Ragnarok Valkyrie, Gratis

Source 

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

ChatBox

Popular Post

Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © Gaming Zone Center -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -